Donderdag 20 Februarie 2014

Paradigma Kebidanan

Kebidanan dalam bekerja memberikan pelayanan keprofesiannya berpegang pada paradigma, berupa pandangan terhadap manusia/wanita, lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan/kebidanan dan keturunan
>>Wanita /manusia adalah makhlk bio-psiko-sosial-kultural dan spiritual yang utuh dan unik, mempuyai kebutuhan dasar yang bermacam-macam sesuai dengan tingkat perkembangannya. wanita/ibu adalah penerus generasi keluaga dan bangsa sehingga keberadaan wanita yang sehat jasmani dan rohani serta sosial sangat diperlukan. wanita/ibu adalah pendidik pertama dan utama dalam keluarga. Kualitas manusia sangat dirtentukan oleh keberadaan/kondisi dari wanita/ibu dalam keluarga. Para wanita di masyarakat dan pelopor dari peningkatan kesejahteraan keluarga.
>>Lingkungan
Lingkungan merupakan semua yang ada di lingkungan dan terlibat dalam interaksi individu dalam waktu melaksanakn aktivitasnya. lingkungan tersebut meliputi lingkungan fisik, lingkungan psiko sosial, lingkungan  biologis dan lingkungan  budaya. igkungan psiko sosial meliputi keluarga, kelompok, komuniti dan masyarakat.  ibu selalu terlibat dalam interaksi antara keluarga, kelompok, komuniti dan masyarakat. Masyarakat merupakan kelompok yang paling penting dan komplek yang dibentuk manusia sebagai lingkungan sosial. Masyarakat adalah lingkungan pergaulan hidup manusia yang terdiri dari individu, keluarga, kelompok dan komuniti yang mempunyai tujuan dan sistem nilai, ibu/wanita merupakan bagian dari anggota keluarga dan uni dari komuniti.
>>Perilaku
Perilaku merupakan hasil dari berbagai pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya, yang terwujud dalam bentuk pengetahuan sikap dan tindakan. Perilaku manusia bersifat holistik (menyeluruh).
Perilaku ibu selama kehamilan akan mempengaruhi kehamilan, perilaku ibu dalam mencari penolong persalinan akan mempengaruhi kesejahteraan ibu dan janin yang dilahirkan. demikian pula perilaku ibu pada masa nifas akan mempengaruhi kesehatan ibu dan bayinya.
>>Pelayanan kebidanan
Pelayanan kebidanan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan keluarga dalam ranga tercapainya keluarga kecil bahagia dan sejahtera.
Pelayanan kebidanan merupakan layanan yang diberikan oleh bidan sesuai dengan kewenangan yang diberikannya dengan maksud meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka tercapainya keluarga kecil bahagia dan sejahtera.
>>Keturunan
Kualitas manusia diantaranya ditentukan oleh keturunan. Manusia yang sehat dilahikan ileh ibu yang sehat. hal ini menyangkut penyiapan wanita sebelum perkawinan, masa kehamilan, masa kelahiran dan masa nifas.
walaupun kehamilan, kelahiran dan nifas adalah proses fisiologis namun bila tidak ditangani secara akurat dan benar, keadaan fisiologis akan menjadi patologis. hal ini akan berpengaruh pada bayi yang akan dilahirkannya. leh karena itu layanan pra perkawinan, kehamilan, kelahiran dan nifas adalah sangat penting dan mempunyai keterkaitan satu sama lain yang tak dapat dipisahkan.
Diambil dari Sofyan, Mustika et all, 2008, 50 tahun IBI Bidan menyongsong Masa Depan, Jakarta.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking